<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d19090353\x26blogName\x3dLoving+Moms\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dLIGHT\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://lovingmom.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://lovingmom.blogspot.com/\x26vt\x3d1760228831151125924', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Loving Moms

10 ways to build your 2-year-old's self-esteem * Cemilan - Cemplung Ikan * All About Bad Babysitter

Camilan sehat Buat Si Kecil

Banyak di antara kita sering memberi snack instant dalam kemasan pada si kecil sebagai makanan selingan. Padahal, ada banyak camilan lain yang lebih bergizi buat si kecil. Silahkan simak panduannya di sini!

Konon, si balita bisa diibaratkan seperti mobil balap: kecil, bergerak dengan cepat dan harus sering mengisi bensin. Diumpamakan seperti itu karena lambung anak balita relatif kecil hingga jumlah makanan dan zat gizi yang diperoleh dari tiga waktu makan utama dalam sehari relatif sedikit. Lalu bagaimana agar mereka mendapatkan semua zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan? Mereka memerlukan makanan selingan/camilan yang diberikan beberapa kali sehari. Lewat pemberian camilan yang terencana, si kecil pun mendapatkan zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh dengan baik.

Karena camilan diperlukan untuk melengkapi zat gizi, Anda sebagai ibu harus jeli betul memilih camilan yang sehat, namun tetap disukai anak-anak. Usahakan camilan si kecil mengandung setidaknya dua dari empat kelompok makanan ini: buah dan sayuran, biji-bijian, susu dan produk susu, serta daging atau penggantinya. Berikut beberapa alternatif camilan bergizi yang bisa Anda pilihkan untuk si balita:

• Biskuit crackers diolesi dengan keju krim/selai kacang/ tuna spread.
• Telur rebus
• Omelet keju
• Roti panggang keju
• Wafel dengan saus stroberi
• Pancake dengan saus apel
• Sereal dengan susu
• Yogurt
• Keju
• Buah segar
• Fish stick
• Chicken nugget

Membuat Camilan Jadi Menarik
Meminta si balita menghabiskan makanan yang Anda sediakan, kadang bukan pekerjaan mudah. Agar mereka tertarik menghabiskan camilannya, bisa Anda coba beberapa cara berikut:

• Libatkan Si Kecil
Balita Anda biasanya senang bila dilibatkan atau diminta membantu. Ajaklah mereka menyiapkan camilannya sendiri. Biasanya mereka akan bersemangat mencoba dan menghabiskan makanannya. Minta mereka mencuci buah yang akan dimakan, mengoleskan margarin ke roti, menyusun biskuit di piring, mengaduk campuran sereal dan susu, dll.
• Celupkan ke saus/ selai
Buat anak-anak, kegiatan mencelupkan makanan ke dalam saus atau selai lalu memakannya, sama menariknya seperti mencelupkan kuas dalam cat lalu mengoleskannya di atas kertas. Minta mereka mencelupkan potongan buah segar dalam yoghurt, atau buat wafel berukuran kecil-kecil untuk dicelupkan dalam selai. Pasti seru!
• Porsi kecil
Untuk lambungnya yang relatif kecil, siapkan porsi yang sesuai. Lagipula, porsi yang terlalu besar justru akan membuatnya malas, bahkan sebelum memulai. Biasanya porsi untuk balita hanya seperempat atau setengah porsi orang dewasa.

Posted by Rarry

0 Comments:

Post a Comment

<< Home