<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d19090353\x26blogName\x3dLoving+Moms\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dLIGHT\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttp://lovingmom.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://lovingmom.blogspot.com/\x26vt\x3d-3129189454942179606', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Loving Moms

10 ways to build your 2-year-old's self-esteem * Cemilan - Cemplung Ikan * All About Bad Babysitter

Dealing with Unwanted advices

Menghadapi nasehat yang tidak diinginkan

LISTEN
jangan bersikap terlalu defensif, karena siapa tau aja nasehat tsb emang berguna. Intinya be open minded

DISREGARD
Kadang cara terbaik adalah bersikap cuek, walaupun kita pura2 interested. Cukup bilang 'oke juga sarannya!', etc

AGREE
mungkin kita bisa ambil satu poin yang kita setuju, dan terus aja ngomongin poin tsb, sampai itu orang lupa dengan poin yang lain.

Pick your battles
selama nasehat tsb nggak berbahaya atau berdampak buruk bagi si bayi, nggak ada salahnya ikutin, apalagi kalau datang dari mertua, dsb. Contoh, kalau dia maksa si bayi harus dipakein topi supaya nggak kepanasan pas jalan2, yah pakein aja didepannya. kalau dia nggak liat copot!

CHANGE THE SUBJECT
cari aja bahan omongan lain, kalau bisa

EDUCATE THE OTHER PERSON
by quoting a doctor (cara paling ampuh biasanya), refer to a book, etc.
kebanyakan orang langsung diem, begitu kita udah bawa2 nama dokter. 'Iya bener, tapi kata Spaku, bla bla bla...' Dijamin!!!!!!

BE VAGUE
misal, kalau si mertua nanya, "Udah belajar pipis sendiri?" padahal si baby baru setahun dan jelas aja belum ngerti, bilang aja, " iya, kita lagi mau mulai nih ngajarin". terus ganti topik secepatnya!

ASK FOR ADVICE
Mungkin kedengeran aneh, tapi berguna juga loh! Apalagi buat ortu, mertua atau ipar. Dengan begini, mereka merasa dihargai, dan pada akhirnya, diem kalau nggak ditanya. Dan siapa tau aja kita bisa belajar sesuatu.

MEMORIZE A STANDARD RESPONSE
" mungkin itu nggak baik buat kamu, tapi buat aku, ini oke"

BE HONEST
Kalau udah nggak nahan lagi, bilang
" i know how much you love her/him and i'm glad you get to spend so much time with him. as much as you think you're helping me when you give me advice about his sleeping habits, i'm really comforteble with my own approach, and i'd relayy appreciate if you'd understand that"
of course, timing is everything!!!

FIND A MEDIATOR
Misal suami, ipar, dsb

SEARCH OUT LIKE-MINDED FRIENDS
misal, kita2 di loving mom ini!

USE HUMOUR
misal ada aja yang protes : Kapan lu bakal brenti netein bayilu?
bilang aja sambil ketawa "ntar kali ye, kalau dia udah masuk SMA!!!!"

by fanny, disadur dari buku Gentle Baby Care, E. Pantley

0 Comments:

Post a Comment

<< Home